Apa Itu Fiber Optik?

Mungkin anda sering melihat iklan perusahaan provider di televisi tentang langganan wifi di rumah dengan paket kuota tanpa batas dan jaringan yang stabil. Iklan perusahaan provider di televisi juga selalu mengadang-gadang tentang penggunaan kabel fiber optic dalam jaringannya. Mungkin bagi sebagian orang tidak mengetahui kenapa iklan tersebut menyebutkan tentang kabel fiber optic. Apa bedanya dengan kabel jenis lain?

Apa Itu Fiber Optik
Sumber gambar: https://pixabay.com/en/networking-fiber-optics-2633600/

Jadi kabel fiber optic atau serat optic adalah kabel yang dibuat dengan teknologi yang canggih dimana bahan dasarnya terbuat dari serat kaca. Kabel fiber optic terdiri dari:

1.Inti

Ditengah kabel terdapat bagian utama yaitu inti yang terbuat dari kaca. Ukuran inti ini memiliki diameter 2 μm – 50 μm tergantung dengan jenisnya. Ukuran inti ini berpengaruh dalam kualitas dan kemampuan dari kabel. Inti ini sebagai tempat perambatan cahaya sehingga proses pengiriman dapat dilakukan.

2.Jaket

Lapirasan untuk melindungi inti disebut dengan jaket atau cladding. Cladding ini terbuat dari kaca. Indeks bias yang dihasilkan juga lebih kecil dari inti, karena indeks bias ini mempengaruhi perambatan cahaya pada inti. Diameter jaket adalah 5 μm – 250. Jaket berfungsi untuk pelindung inti dan cermin bagi inti. Jaket ini mempunyai peran penting yang menyebabkan cahaya bisa merambat dalam inti serat optik.

3.Mantel

Ini adalah bagian luar jaket. Mantel terbuat dari plastik yang melindungi mekanis serat optic dari kerusakan karena lengkungan kabel atau lainnya. Mantel ini memiliki warna yagn beragam untuk mempermudah penyusunan inti.

4.MateriaL Penguat dan Jaket Luar

Ini adalah lapisan terluar dari kabel optic. Fungsinya adalh melindungan kabel dari ganguan luar yang bisa saja merusak bagian inti.

Seperti yang dijelaskan diatas bisa kita ketahui bahwa kabel Fiber Optic ini mempunyai pengamanan yang sangat baik dalam menjaga data dimana kabel FO mempunyai lapisan pelindung yang berlapis – lapis. Maka tidak heran disetiap iklan perusahan provider menyebutkan jenis kabel ini untuk meyakinkan pembeli bahwa jaringan mereka lebih cepat dan stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.